sabar,ikhlas dan syukur

Menjadi seorang yang ikhlas itu sangat sulit, sungguh sangat sulit, belajar dari hal yang sangat kecil terlebih dahulu

ikhlas dan sabar itu yang sedang aku jalani, menjadikan tantangan dalam hidup itu yang utama.

°°°

aku adalah anak ke dua dari dua bersaudara, aku sangat menyangi keluargaku, karena hanya mereka yang aku punya, aku anak seorang yatim tak memiliki seorang ayah di usia ku yang akan menginjak 23 th.

Dari yang aku tau, kehidupan itu sungguh luar biasa, karena sebagai seorang mukmin bersyukur haruslah di lakukan setiap harinya agar senantiasa mengingat zat yang sudah menciptakan kita.

°°°

saat ini aku belajar di sekolah tinggi ilmu ekonomi yang pada saat ini menempuh semester 4, kehilangan dari seorang ayah dengan bercanda bersama teman-teman bisa melupakan sejenak rasa kesedihan yang aku alami.

Beberapa waktu lalu, keluargaku mengalami hal yang sangat memilukan, bahkan Kaka ku belum bisa menerimanya hingga saat ini, pilu sekali.

sebagai seorang adik aku tak ingin melihat seorang kakak nya menangis dan meratapi nasib.

°°°

permasalahan nya terjadi ketika Kaka ku membuka sebuah usaha bersama temannya, sungguh di sayangkan dan sungguh tega nya mereka mengambil hak kami merampas toko tersebut hingga membuat air mata keluargaku berderai. lalu aku katakan "tenanglah wahai Kaka ku, Allah bersama kita".

tapi sebagai seorang mukmin, permasalahan yang di hadapi adalah sebuah ujian kasih sayang Allah yang begitu besar, agar kami senantiasa bersyukur selalu pada-Nya.

°°°

"kami memang kehilangan sebuah usaha tapi jangan sampai kami kehilangan keimanan di dalam diri kami" itu adalah kunci bagaimana kami menjalani kehidupan.

usaha itu memang bukan modal dari kami, tapi usaha tersebut telah di serahkan dari mereka kepada kami, dan mereka berjanji tidak akan mengambil nya kembali, karena pure ingin membantu keluarga kami.

setelah usaha itu sudah mulai berkembang,mereka dengan tega nya merampas hak kami lalu membuang kami seolah-olah tidak pernah ada kejadian apapun.

°°°

di dalam Al-Qur'an telah jelas bahwa "bersama kesulitan akan ada kemudahan". bahkan Allah SWT mengulanginya hingga dua kali di dalam Al-Qur'an.

indah nya seorang mukmin jika mendapatkan sebuah ujian adalah bagaimana meningkatkan keimanan nya bukan melemahnya keimanan.

°°°

aku yakin bahwa Allah akan bersama dengan orang-orang yang selalu mengingat-Nya.

cinta adalah sebuah perjuangan,jika kamu saat ini sedang mencintai seseorang, maka cintailah terlebih dahulu sang maha penciptanya, berjuang lah untuk mendapat kan cinta-Nya,karena tanpa-Nya kita bukanlah siapa-siapa.

°°°

didalam surat Al mumtahanah ayat 7

"mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang di antara kamu dengan orang-orang yang pernah kamu musuhi diantara mereka.Allah mahakuasa dan Allah maha pengampun,maha penyayang"

dari surat tersebut telah di simpulkan bahwa Allah tidak ingin adanya permusuhan, Allah senantiasa mencintai keindahan dengan berkasih sayang.

oleh karena itu insyaAllah kami tidak membenci ataupun memusuhi mereka yang sudah berbuat demikian kepada kami, kami ingin menjalani kehidupan yang penuh dengan rasa ikhlas sabar dan syukur. karena hanya itu yang bisa kami persembahkan kepada Allah, hanya itu.

°°°

menjalani hidup bagaikan air yang mengalir tapi memiliki arah atau suatu wadah, hingga air tersebut mengalir ke wadah nya bukan ke wadah orang lain, menjaga hati agar tetap bersih sangat sulit, tapi akan sangat mudah jika kita selalu berhusnudzon kepada semua orang bahkan di setiap kejadian yang terjadi.

saudariku pernah berkata "tersenyumlah selalu di depan saudarimu, hingga saudarimu tidak mengetahui bahwa kamu sedang sedih".

the end

Lynda

penulis✍🏻